Sabtu, 04 Desember 2010

SENI TOSAN AJI – PENGRAJIN PERABOT KERIS

SENI TOSAN AJI - Pusatnya Pengrajin Perabot Keris asal Solo “Seni Tosan Aji” pembuatan perabot Keris dan produk pesanan selalu menjadikan pelanggan merasa puas atas pelayanan pembuatan perabot Keris dari Seni Tosan Aji.
Seni Tosan Aji berada di jalan Kahar Muzakar no.15 Rt.03/08 Semanggi, Pasar Kliwon, Surakarta untuk pemesanan dapat melalui kontak person di telepon HP 081393199088.
Seni Tosan Aji salah satu usaha masyarakat Solo yang mendukung budaya Jawa khususnya kota Solo yang dikenal sebagai kota Budaya. Seni Tosan Aji sudah berpuluh-puluh tahun di kota Solo dan telah dikenal oleh masyarakat desa, Bupati hingga Pejabat tinggi Negara dan mereka semua adalah pelanggan dari Seni Tosan Aji . Seni Tosan Aji merupakan pengrajin dan produksi pembuatan sandangan Keris; mulai dari bahan mentah atau bahan belum jadi hingga barang jadi, jadi konsumen dapat melihat langsung cara kerja.
Lihat contoh produk Seni Tosan Aji yang sangat digemari kaum keraton, bangsawan maupun turis asing. Produk yang diproduksi Seni Tosan Aji antara lain:
· Garan (Handle: English, Pegangan Keris: Indonesia) untuk istilah dalam Keris, Garan dinamakan Ukiran. Garan pada umumnya diberi kelengkapan ‘Selut’ yang artinya hiasan pada ukiran yang terbuat dari bahan logam; yang kemudian diamplikasikan atau dicampur dengan batuan seperti berlian, intan, emas, perak dan perhiasan sejenisnya. Bagian atas ‘Selut’ terdapat bagian yang diberi nama ‘Mendak’ dimana bagian tersebut biasanya terbuat dari loga yang dihiasi dengan batu perhiasan.
Dari bagian Ukiran, Selut dan Mendak terdapat berbagai motif yang bervariasi yang satu per satu motif terdapat symbol tersendiri dalam pemakaian berbagai acara, juga bagian Keris itu terbuat dari berbagai jenis kayu yang sangat kuat karena dari penggunaan dan tradisi untuk menjaga kekuatan keris didalamnya, dan terdapat berbagai bentuk dari bagian tersebut yang memiliki arti tersendiri disetiap sudut dan penggunaan dan setiap bentuk memiliki arti yang sangat kuat pada setiap bagian tersebut.
· Rangka yang adalah perabot keris sebagai pembungkus dan pelindung keris agar terlindungi dari pemakaian keris pada saat pemakaian dalam suatu acara. Rangka biasanya terbuat dari kayu yang sangat kaut dan tidak mudah rapuh diantaranya kayu cendana, kayu stigi, kayu jati gembol, juga terbuat dari gading gajah yang sangat kuat demi terjaganya keris yang ada didalamnya. Rangka memiliki motif antara lain motif Gayaman dan motif Ladrang; di kedua motif tersebut masih dibagi beberapa jenis lagi dimana nama motif disesuaikan pemakaian untuk suatu acara.
· Penda adalah bagian terluar dari Rangka yang dimaksudkan sebagai pembungkus Rangka keris atau dalam bahasa Jawa disebut Pembungkus Warangka. Bagian Penda ini umumnya terdapat 2 jenis diantaranya Bunton dan Blewah;
Untuk motif Bunton ini memiliki motif yang penuh dan terkesan tidak ada bentuk hiasan ukiran yang menyaluti pada Penda, dan motif Bunton dibagi menjadi beberapa macam lagi diantaranya Penda Bunton Gayayam, Penda Bunton Ladrang, Penda Bunton Topengan, Penda Bunton Krawangan dan masih banyak lagi.
Untuk motif Blewah, motif ini terdapat bagian ditengahnya atau belahan Penda terdapat selah-selah untuk gander warangka, dimaksudkan ada bagian ukiran atau hiasan yang sangat membuat terpesona saat dipakai dalam suatu acara.
Apabila terkesan memesan produk dari Seni Tosan Aji, segera datang dan lihat secara langsung pembuatan perabot Keris dan produk pesanan selalu menjadikan pelanggan merasa puas atas pelayanan pembuatan perabot Keris dari Seni Tosan Aji. Alamat Seni Tosan Aji berada di jalan Kahar Muzakar no.15 Rt.03/08 Semanggi, Pasar Kliwon, Surakarta untuk pemesanan dapat melalui kontak person di telepon HP 081393199088.